PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE BELAJAR CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

  • Ahmad Fajri Lutfi STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik isi maupun sistemnya. Penelitian bertujuan menggunakan layanan website yang digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas X di SMK Negeri 4 Kuningan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Pre Eksperimental Design dengan Skala Likert. Instrumen penelitian mengunakan lembar validasi media pembelajaran dari ahli media, ahli materi, dan responden angket siswa. Sebelum media pembelajaran berbasis website digunakan pada siswa, terlebih dahulu dilakukan validasi oleh dua ahli media, dan hasil validasi dihitung persentase didapatkan nilai sebesar 81% dan 80%. Nilai tersebut menyatakan media pembelajaran berbasis website yang digunakan berada pada kriteria sangat kuat yang berarti media layak untuk dipergunakan. Respons motivasi siswa terhadap media pembelajaran website dengan menggunakan metode pembelajaran CTL di SMK Negeri 4 Kuningan sangat kuat dari hasil angket presentase yang diperoleh dari penelitian ini adalah rata-rata 76 % dan ketika proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis website dan metode pembelajaran CTL, nilai afektif dan psikomotor siswa cukup meningkat dibandingkan sebelumnya.

Keywords: media pembelajaran berbasis website, motivasi belajar siswa, model pembelajaran kontekstual

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 247 times
PDF downloaded = 214 times