PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER MENGGUNAKAN QUIZIZZ DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Noviatin Fariha STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Yoyo Zakaria STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana media pembelajaran dengan Quizizz dapat diterapkan di kelas X IPS SMAN 1 Lebakwangi, (2) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran dengan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN 1 Lebakwangi, (3) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran menggunakan Quizizz pada kelas X IPS SMAN 1 Lebakwangi. Penelitian in;i merupakan penelitian yang menggunakan quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif unuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika dan penerapan media pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan menggunakan Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian itu yaitu 35 siswa kelas X IPS 2 dan 35 siswa untuk kelas X IPS 5 SMAN 1 Lebakwang. Hasil penelitian ini diperoleh: Pencapaian presentase skor hasil belajar siswa sebelum menggunakan media Quizizz (Pretest) sebesar 0,04963 termasuk kategori cukup sedangkan presentase skor hasil belajar siswa setelah menggunakan Quizizz (Posttest) sebesar 4,96298 termasuk kategori baik. Dengan demikian media pembelajaran dengan Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 81 times
PDF downloaded = 109 times