PENGEMBANGAN LMS MOODLE SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

  • Ahmad Nurpalah STKIP Muhamamdiyah Kuningan
  • Sofhian Fazrin Nasrulloh STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Pengembangan LMS MOODLE Sebagai Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk merancang LMS moodle sebagai sarana pembelajaran (2) Untuk mengembangkan LMS moodle sebagai sarana pembelajaran (3) Untuk mengetahui motivasi mahasiswa sebelum menggunakan LMS moodle (4) Untuk mengetahui motivasi mahasiswa sesudah menggunakan LMS moodle. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa RPL prodi PGSD semester 8 tahun ajaran 2021/2022 Penilaian kelayakan e-learning berbasis moodle dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan mahasiswa yang memberi respon terhadap kualitas e-learning berbasis moodle yang dikembangkan dengan menggunakan skala likert lima jawaban. Data dikumpulkan dengan angket yang dibuat menggunakan Google Form. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi dengan rata-rata nilai 4,2 yang termasuk kriteria Sangat Baik dan kelayakan dari ahli media dengan rata-rata nilai 4,4 yang termasuk kriteria Sangat Baik. Sementara itu, penilaian dari mahasiswa dilakukan dengan dua tahap, tahap satu untuk uji coba kelompok kecil yang memperoleh nilai rata-rata 4,52 yang termasuk kariteria Sangat Baik, dan tahap dua untuk uji coba kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 4,41 yang termasuk kriteria Sangat Baik. Berdasarkan analisis motivasi belajar mahasiswa sebelum dan sesudah penggunaan e-learning berbasis moodle diperoleh peningkatan sebesar 17,68%. Secara keseluruhan hasil perhitungan dengan menggunakan gain score menunjukkan bahwa e-learning berbasis moodle dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam kriteria sedang.

Keywords: E-Learning, Moodle, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 84 times
PDF downloaded = 86 times