PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MENTIMETER MENGGUNAKAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 MANDIRANCAN

  • Hamdan Andani STKIP Muhamamdiyah Kuningan
  • Ahmad Fajri Lutfi STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Untuk mengetahui minat belajar siswa yang menggunakan media Mentimeter menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction. (2)Untuk mengetahui pengaruh media Mentimeter menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction terhadap kelas X IPS 1 di SMA Negeri 1 Mandirancan. (3)Untuk mengetahui perbedaan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction menggunakan media Mentimeter dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design yaitu dengan memberikan dua perlakuan yang berbeda terhadap dua kelompok siswa yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sample penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas Kontrol. Masing-masing kelas sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian ini diperoleh: (1)Minat belajar siswa yang menggunakan media mentimeter dengan model pembelajaran explicit instruction tergolong tinggi dilihat dari rata-rata nilai post test yakni sebesar 34,59. (2)Terdapat pengaruh Media mentimeter menggunakan explicit instruction terhadap minat belajar siswa pada Kelas 10 IPS 1 di SMA Negeri 1 mandirancan. Dibuktikan pada uji paired sample t-test Berdasarkan output pair 1 Diperoleh nilai Sig. ( 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, Maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil tes siswa untuk pretest kelas eksperimen dengan post test kelas eksperimen ( model explicit instruction menggunakan aplikasi mentimeter) (3)Terdapat perbedaan yang signifikan antara Siswa yang menerapkan media pembelajaran berbasis mentimeter menggunakan explicit instruction dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan tabel Uji Independent sample t-test pada posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,017 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil tes siswa antara model pembelajaran Explicit Instruction menggunakan media Mentimeter dengan model Konvensional.

Keywords: Mentimeter, Explicit Instruction, Minat Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 164 times
PDF downloaded = 188 times