PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI EDLINK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DI SMK NEGERI 1 KERSANA

  • Rudi Santoso STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Ahmad Fajri Lutfi STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning dengan menggunakan aplikasi Edlink terhadap: (1) Bagaimana cara penerapan model pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi Edlink dalam mata pelajaran desain grafis percetakan. (2) Apakah siswa kelas XI Multimedia di SMK N 1 Kersana mengalami peningkatan hasil belajar setelah mempelajari materi desain grafis percetakan dengan model pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi Edlink. (3) Apakah model pembelajaran Blended Learning bisa diterapkan dengan aplikasi Edlink.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif untuk hasil pretest dan posttest menggunakan reset eksperimental, dengan menggunakan Desain Quasi Experimental dalam desain ini peneliti ingin menggunakan Model Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Kersana selama bulan Juni sampai Agustus 2021. Sunyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia A sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI Multimedia B sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontro. Treatmen yang digunakan dikelas ekperimen adalah model blended learning dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrument yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri dari pretest dan posttest, angket tanggapan model pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi Edlink. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model pembelajaran Blended Learning menggunakan aplikasi Edlink berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia pada mata pelajaran desain grafis percetakan dengan materi jenis-jenis fotografi di SMK Negeri 1 Kersana. (2) Nilai kelas yang menggunakan model Blended Learning lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. (3) Aplikasi Edling juga bisa digunakan untuk pembelajaran dengan model Blended Learning. Dibuktikan dengan angket tanggapan siswa dimana siswa setuju dengan penerapan aplikasi Edlink pada mata pelajaran desain grafis percetakan.

Keywords: Blended Learning, Aplikasi Edlink, Desain Grafis Percetakan, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 170 times
PDF downloaded = 136 times