IMPLEMENTASI GAME EDUKASI MARBEL BAGIAN TUBUH MANUSIA BERBASIS ANDROID UNTUK MENARIK MINAT BELAJAR SISWA

  • Ima Siti Halimatussyadiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Yoyo Zakaria STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Dunia anak usia dini merupakan dunia bermain sambil belajar, belajar sambil bermain. salah satu upaya untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis game untuk anak usia dini. Penelitian ini bertujuan : (1) menghasilkan media pembelajaran Game edukasi Marbel Bagian Tubuh. (2) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran game edukasi marbel bagian tubuh. Penelitian ini dilakukan di TK PGRI Tanjungkerta menggunakan metode Research and Development (R&D). Uji kelayakan produk dilakukan kepada ahli materi diperoleh hasil 87,5% dengan kriteria sangat baik. Produk media pembelajaran diujicobakan kepada 8 orang siswa dengan 3 aspek penilaian yaitu pada aspek minat diperoleh skor rata-rata 32,5 dengan persentase 85,25% dengan kriteria sangat baik, pada aspek kemenarikan diperoleh skor rata-rata 34,5 dengan persentase 86,25% dengan kriteria sangat baik dan pada aspek kemudahan diperoleh skor rata-rata 32,5 dengan persentase 81,25% dengan kriteria sangat baik. Dari keseluruhan aspek tersebut diperoleh rata-rata skor 42 dengan kriteria cukup.

Keywords: Game Edukasi, TK, Media Pembelajaran, Minat Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 38 times
PDF downloaded = 32 times