MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MENCERITAKAN TOKOH IDOLA

  • Soleman SMPN 1 Ciawigebang

Abstract

Memanfaatkan bantuan siswa dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan bahan pelajaran. Permasalahan-permasalahan tersebut melatarbelakangi dan mendorong dilakukannya penelitian tentang upaya mencapai belajar tuntas (mastery learning) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Pencapaian belajar tuntas dilakukan dengan mengimplementasikan model Inside-Outside Circle pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran keterampilan berbicara perlu mendapat perhatian agar siswa mampu berkomunikasi dengan baik. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam dua siklus bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa tentang menceritakan tokoh idola pada siswa kelas VII SMPN 1 Ciawigebang Kab. Kuningan. Penerapan model inside outside circle dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan tokoh idola pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII G SMP Negeri 1 Ciawigebang Kab. Kuningan. Hal ini terbukti jika dilihat dari jumlah siswa yang tuntas pada data awal pra siklus hanya terdapat 14 (31%) siswa dan sebanyak 22 (69%) siswa belum tuntas, sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas menjadi 1 9 (53%) siswa dan siswa yang belum tuntas sebanyak 1 7 (47%) siswa. Sedangkan pada siklus II menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan tokoh idola dari siklus I sebesar 68 menjadi 88. Jika dilihat dari jumlah siswa yang tuntas pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 (53%) siswa dan siswa yang belum tuntas sebanyak 17 (47%) siswa. Sedangkan pada siklus II seluruh siswa dinyatakan tuntas semua (100%). Dengan demikian melalui penerapan model inside outside circle dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa tentang menceritakan tokoh idola.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 21 times