PEMBELAJARAN SETTING OUTDOOR MATHEMATICS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SDN 2 CIOMAS

  • Hermawan STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Iis Aisyah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Berdasarkan hasil observasi bahwa siswa sulit memahami sifat-sifat bangun datar, siswanya pun kurang merespon pembelajaran yang diberikan oleh guru sehingga siswa merasa kesulitan jika diberikan soal latihan oleh guru, sehingga dari data tes saat pembelajaran matematika sebanyak 65% siswa mendapatkan nilai 65. Karena metode pembelajaran penting digunakan dalam proses pembelajaran, maka peneliti berinisiatif melakukan inovasi pembelajaran dengan menerapkan metode Setting Outdoor Mathematicspada materi bangun datar kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar kognitif siswa pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas eksperimen yang menggunakan metode setting outdoor mathematics, dan di kelas kontrol yang tidak menggunakan metode setting outdoor mathematics. Metode penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan bentuk Intack-group comparison Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 2 Ciomas tahun pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa.. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji t, maka diperoleh hasil untuk posttestkelas eksperimen dan kontrol dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung 5,8088 dan  ttabel 1,7011 berada pada daerah penolakan HO, maka berdasarkan hasil analisis uji t tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen yang menggunakan metode setting outdoor mathematicsdan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode setting outdoor mathematicsterdapat perubahan secara signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan metode setting outdoor mathematics  terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi bangun datar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 13 times