PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Agus Saeful Anwar STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Atang Sutisna STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah, hal ini dibuktikan dari data yang diperoleh yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa yaitu sebesar 65% memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh karena itu, hasil belajar siswa perlu ditingkatkan salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe auditory, intellectually, repetition. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasinya yaitu siswa kelas V SD Negeri gugus Ki Hajar Dewantara. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling yaitu diperoleh siswa kelas V SDN 1 Cibinuang 27 siswa dan SDN 2 Cibinuang 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan  observasi (pengamatan), tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum pembelajaran sebesar 65,18 dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe auditory, intellectually, repetition sebesar 78,89, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebelum pembelajaran sebesar 63,91 dan sesudah pembelajaran dengan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe auditory, intellectually, repetition sebesar 69,56. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh nilai thitung = 2,704 > ttabel = 1,677 maka H1 diterima, ini artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 18 times