PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SDN PAJAMBON
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif disebabkan karena siswa terlihat pasif dalam proses pembelajaran disebabkan oleh proses pembelajaran berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Pajambon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Pajambon sebagai kelas eksperimen dan kelas VB SDN Pajambon sebagai kelas kontrol tahun pelajaran 2018/2019. Adapun jumlah siswa kelas VA SDN Pajambon adalah 20 siswa dan kelas VB SDN Pajambon adalah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest, posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t) untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Pajambon. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh nilai perhitungan thit > ttab atau (8,54 > 1,69) maka Ho ditolak pada taraf signifikan α 5% artinya maka Ho ditolak dan Hi diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Pajambon.. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Pajambon.