PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD

  • Atang Sutisna STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Santi Rahmawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran, tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV MI PUI Cikaso. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Disgn bentuk Nonequivalent Control Group Disgn. Populasi dalam penelitian ini berjumlah  48 siswa, kelas IV A sebagi kelas kontrol dengan jumlah siswa 24 dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa. Penelitian ini menggunakan 5 butir soal tes essay. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogentias, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya hasil hipotesis Sig. (2-tailed) = 0,002< α =0,05 maka H0 di tolak dan H1 di terima artinya terdapat pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract viewed = 14 times
PDF downloaded = 17 times