ANALISIS SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL

Studi Kasus di SDIT Al-Istiqomah Tahun Akademik 2017/2018 Kuningan

  • Asep Usamah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Hayatur Roosyidah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini didasari atas rasa ingin tahu penulis terhadap sistem pembelajaran  full day school yang menerapkan strategi pembelajaran aktif dan strategi pembelajaran rekreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan  mendeskripsikan  tentang penerapan sistem pembelajaran full day school dengan penerapan strategi pembelajaran aktif dan strategi pembelajaran rekreatif di SD IT Al-Istiqomah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penentuan  informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan pokok dalam penelitian adalah 3 orang siswa kelas IV A dan 4 orang siswa kelas IV B, dan 2 orang guru wali kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  penerapan strategi pembelajaran aktif dalam sistem pembelajaran full day school dilakukan oleh guru-guru SDIT Al Istiqomah, terutama guru kelas IV A dan IV B dalam pembelajaran tematik. Kegiatan pembelajaran yang diterapkan menggunakan strategi pembelajaran aktif yakni dengan cara diskusi dan wawancara. Begitupula, hasil penelitian ini menunjukan bahwa  penerapan  strategi pembelajaran rekreatif dalam sistem  pembelajaran  full day school dilakukan oleh guru-guru SDIT Al Istiqomah, terutama guru kelas IV A dan IV B dalam  pembelajaran tematik. Kegiatan pembelajaran yang diterapkan menggunakan strategi pembelajaran  rekreatif yakni berupa tepuk benar salah untuk di kelas IV A dan berupa sistem penomoran di kelas IV B yang pada akhirnya sama-sama diberikan reward dengan tabur bintang.

Keywords: strategi pembelajaran aktif, strategi pembelajaran rekreatif, full day school

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-12
Section
Articles
Abstract viewed = 177 times
PDF downloaded = 309 times