ANALISIS SISTEM PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL
Studi Kasus di SDIT Al-Istiqomah Tahun Akademik 2017/2018 Kuningan
Abstract
Penelitian ini didasari atas rasa ingin tahu penulis terhadap sistem pembelajaran full day school yang menerapkan strategi pembelajaran aktif dan strategi pembelajaran rekreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang penerapan sistem pembelajaran full day school dengan penerapan strategi pembelajaran aktif dan strategi pembelajaran rekreatif di SD IT Al-Istiqomah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan pokok dalam penelitian adalah 3 orang siswa kelas IV A dan 4 orang siswa kelas IV B, dan 2 orang guru wali kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif dalam sistem pembelajaran full day school dilakukan oleh guru-guru SDIT Al Istiqomah, terutama guru kelas IV A dan IV B dalam pembelajaran tematik. Kegiatan pembelajaran yang diterapkan menggunakan strategi pembelajaran aktif yakni dengan cara diskusi dan wawancara. Begitupula, hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran rekreatif dalam sistem pembelajaran full day school dilakukan oleh guru-guru SDIT Al Istiqomah, terutama guru kelas IV A dan IV B dalam pembelajaran tematik. Kegiatan pembelajaran yang diterapkan menggunakan strategi pembelajaran rekreatif yakni berupa tepuk benar salah untuk di kelas IV A dan berupa sistem penomoran di kelas IV B yang pada akhirnya sama-sama diberikan reward dengan tabur bintang.