INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI GEOMETRI DI SD GUGUS CIWARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya implikasi yang positif antara pemahaman konsep matematika siswa dengan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah, “kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional”. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Ciwaru pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika diperoleh nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 44,64 dan nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 44,44. Sedangkan pada tes akhir rata-rata nilai kelas kontrol 63,8 dan kelas eksperimen 78,2. Teknik analisis data menggunakan uji -t untuk menguji hipotesis statistik. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.