PERBEDAAN STRESS LEVEL SISWA SEKOLAH DASAR ANTARA FULL-DAY DAN HALF-DAY SCHOOL DI KABUPATEN KUNINGAN

  • Agatha Kristi Pramudika Sari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Irfan Fajrul Falah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

dengan sistem full day dan half day school. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan comparative design yang mana pada pengumpulan datanya menggunakan DASS 42 questionnaire yang sudah divalidasi. Adapun sample yang terlibat adalah siswa kelas enam sebanyak 20 siswa yang memiliki peringkat sepuluh besar di full day (SD IT Al-Istiqomah) dan juga sepuluh besar yang bersekolah dengan sistem half day (SD Negeri 17 Kuningan). Adapun nilai yang dihasilkan oleh Z-score adalah -3.268 yang berada di level signifikansi 0.00 < 0.05. hal tersebut menandakan adanya perbedaan stress level yang dialami oleh siswa yang mana siswa dengan sistem full day kecenderungan stress levelnya lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang bersekolah dengan sistem half day.

Keywords: Halfday, Fullday, implementasi, stress level

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-12
Section
Articles
Abstract viewed = 363 times
PDF downloaded = 803 times