STUDI TENTANG PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL SISWA SDN 3 CISANTANA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan tentang peran lingkungan sekolah dalam pembentukan perilaku sosial siswa SDN 3 Cisantana. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 3 Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan perilaku sosial siswa merupakan segala bentuk kegiatan yang dilakukan siswa dalam situasi sosial tertentu. Peranan lingkungan sekolah terhadap pembentukan perilaku sosial siswa di lingkungan sekolah SDN 3 Cisantanayaitu: keteladananatau uswah, pembiasaanatau ‘aadah, nasihat atau mau’idzoh, mekanisme kontrol atau mulahadzoh, memberi sanksi atau ‘uqubah yang terlaksana secara baik dan sistematis. Semua elemen masyarakat mendukung apa yang diprogramkan sekolah, perilaku sosialpun mereka siap mengawasi, mengingatkan ketika siswa berada di lingkungan masyarakat.