BAHAN AJAR BERBASIS TEKNIK PERSUASI DALAM TEKS PIDATO SOEKARNO DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi pokok menulis kalimat persuasif sebelum menggunakan bahan ajar berbasis teknik persuasi pidato Soekarno, (2) konstruksi dan Uji coba bahan ajar pada siswa SMA, (3) mengevaluasi hasil implementasi bahan ajar yang diterapkan pada siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Reaserch and Development). Objek penelitian berupa Pengembangan bahan ajar berbasis teknik persuasi dalam teks pidato Soekarno ” untuk memahami konsep menulis kalimat persuasi. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Lebakwangi. Pengujian penelitian menggunakan uji ahli dan uji lapangan melalui pembelajaran siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lebakwangi sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar siswa. Perolehan data diolah dengan analisis deskriptif dan analisis statistik untuk mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar berbasis teknik persuasi dalam teks pidato soekarno terhadap hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh data bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar yang diujikan berkategori kurang. Penilaian ahli dilihat dari materi dan penyajian bahan ajar diperoleh data bahwa bahan ajar berbasis teknik persuasif dalam teks pidato Soekarno sangat cocok untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari persentasi kesesuaian yang mencapai angka 91,67 %.