PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) SISWA SMP NEGERI 1 CIWARU

  • Sarip Munawar Holil SMPN 1 Ciwaru Jl Siliwangi No. 55 Kuningan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa SMP Negeri 1 Ciwaru serta untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa SMP Negeri 1 Ciwaru. Karena melihat banyaknya peran orang tua yang kurang memadai dalam menghadapi arus globalisasi yang membawa pengaruh negatif terhadap dunia pendidikan, yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan orang tua terhadap perkembangan teknologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMP Negeri 1 Ciwaru adalah sebagai pembuat program, pelaksana program, dan sebagai contoh atau suri tauladan. Bentuk perhatian seorang guru terhadap siswa berupa bimbingan, arahan, nasihat, motivasi belajar serta program-program yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa.

Keywords: Peran guru PAI, Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ)

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sarip Munawar Holil, SMPN 1 Ciwaru Jl Siliwangi No. 55 Kuningan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa SMP Negeri 1 Ciwaru serta untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa SMP Negeri 1 Ciwaru. Karena melihat banyaknya peran orang tua yang kurang memadai dalam menghadapi arus globalisasi yang membawa pengaruh negatif terhadap dunia pendidikan, yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan orang tua terhadap perkembangan teknologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMP Negeri 1 Ciwaru adalah sebagai pembuat program, pelaksana program, dan sebagai contoh atau suri tauladan. Bentuk perhatian seorang guru terhadap siswa berupa bimbingan, arahan, nasihat, motivasi belajar serta program-program yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa.

Published
2018-12-31
Section
Articles
Abstract viewed = 1221 times
PDF downloaded = 2094 times