PENGARUH KONSELING NARATIF TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI INDRAMAYU

  • Mutiah Mutiah UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri siswa, gambaran respon siswa terhadap konseling naratif di MAN Indramayu, serta pengaruh konseling naratif terhadap pembentukan konsep diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistika deskriptif, yaitu metode penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Hasil penelitian menunjukkan gambaran umum konsep diri siswa kelas XI MAN Indramayu berada pada kategori sedang dengan persentase 53%, 5% pada kategori rendah, dan 42% pada kategori tinggi. Sedangkan, respon siswa terhadap konseling naratif menunjukan hasil bahwa 72% cukup puas, 28% sangat puas dan 0% sangat tidak puas. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa pengaruh antara konseling naratif terhadap pembentukan konsep diri siswa ini dapat dilihat dengan nilai pv 0,000 dengan persentase sebesar 27,8 %. Penggunaan konseling naratif dapat dikatakan cukup efektif dalam meminimalisir konsep diri negatif siswa.

Keywords: Konseling Naratif, Konsep Diri, Konsep Diri negatif, MAN Indramayu

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles
Abstract viewed = 235 times
PDF downloaded = 534 times