ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

  • Abdul Rosyid STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Muhammad Noor STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Desy Widyastuti STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tulisan ini bertujuan menelaah lebih jauh peningkatan kemampuan kognitif matematika siswa setelah memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Telaah yang dimaksud meliputi membandingkan peningkatan kemampuan kognitif matematika siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, selanjutnya menguji kategori peningkatan kemampuan kognitif matematika siswa pada kategori peningkatan tinggi, sedang, atau rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberi perlakuan dalam pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match sedangkan kelompok kontrol mendapat perlakuan dalam pembelajarannya dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan kognitif matemaika siswa diperoleh dari data N-gain. Teknik analisis data yang digunakan meliputi Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji t dua sampel independen, serta Uji t satu sampel. Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata N-gain kelompok eksperimen 0,76 sedangkan rata-rata N-gain kelompok kontrol 0,51. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan kognitif matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih baik daripada peningkatan kemampuan kognitif matematika siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selanjutnya peningkatan kemampuan kognitif matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berada pada kategori tinggi.

Keywords: kemampuan kognitif matematika, model pembelajaran kooperatif tipe make a match

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-01
Section
Articles
Abstract viewed = 53 times
PDF downloaded = 76 times