PENGELOLAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMK KARYA NASIONAL KUNINGAN

  • Agus Saeful Anwar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) perencanaan bimbingan dan layanan konseling di SMK Karya Nasional. 2) pelaksanaan bimbingan dan layanan konseling di SMK Karya Nasional Kuningan. 3) evaluasi layanan bimbingan dan konseling dalam penelitian SMK Karya Nasional Kuningan. Penelitianyang digunakan adalah kualitatif dalam bentuk pendekatan etnografi. Subyek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, konselor, siswa, dan orang tua.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model interaktif dengan menerapkan tiga tahap: reduksi data, display data dan hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, perencanaan layanan bimbingan dan konseling diadakan di SMK Karya Nasional Kuningan disusun berdasarkan kebutuhan komponen sekolah. Perencanaan dilakukan secara sistematis oleh manajemen yang tepat, efektif, berkelanjutan dan terbuka terhadap umpan balik. Kedua, pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMK Karya Nasional Kuningan dilakukan berdasarkan tujuan dan kebutuhan, yaitu: substansi, jenis kegiatan, waktu, tempat, dan pihak-pihak terkait. Ketiga, evaluasi konseling dan bimbingan jasa di SMK KaryaNasional Kuningan terdiri dari empat komponen; (A) evaluasi langsung dari siswa (b) evaluasi program yang dibuat oleh guru dalam bimbingan dan konseling (c) evaluasi proses pelaksanaan program bimbingan konseling, dan (d) evaluasi hasil program bimbingan dan konseling.

Published
2015-05-01
How to Cite
ANWAR, Agus Saeful. PENGELOLAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMK KARYA NASIONAL KUNINGAN. Didaktik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 13-20, may 2015. ISSN 2460-1098. Available at: <http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/didaktik/article/view/99>. Date accessed: 16 nov. 2018.
Section
Articles