PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Dudung Abdu Salam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan permasalahan sosial. Think pair share adalah variasi pembelajaran kooperatif yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, dengan cara berdiskusi secara berpasangan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan teknik nonequivalen control group desain. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Sakerta Barat tahun pelajaran 2010-2011 berjumlah 57 orang siswa.Sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah 30 orang.Uji yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, dan t-test.Berdasarkan perolehan nilai rata rata g (n-gain) kelas eksperimen = 0,553 (sedang) dan kelas kontrol = 0,263 (rendah) sehingga nilai g (n-gain) hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai kelas kontrol dan berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh thitung = 21,642 dan ttabel (? = 5% dan dk = 55) diperoleh ttabel = 2,004. Karena t hitung ? ttabel, atau 21,642 > 2,004, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Peranan pembelajaran kooperatif think pair share diketahui dari hasil perhitungan t-test. Diperoleh t hitung = -11,2 dan pada ? = 5% dan dk = 55 diperoleh ttabel = 2,004 (uji pihak kanan). Karena t hitung ? ttabel, atau -11,2< 2,004, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah pemberian perlakuan. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share.Untuk menguji signifikansi perbedaan untuk mengetahui manakah diantara keterampilan sosial siswa dan hasil belajar yang lebih dominan adalah dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = -1,06 (uji pihak kanan) dan pada ? = 5% dan dk = 58 diperoleh ttabel = 2,048. Karena thitung< ttabel, atau -1,06< 2,048. Dengan demikian keterampilan sosial lebih meningkat dibandingkan hasil belajaranya.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS pada pokok bahasan permasalahan sosial di lingkungan sekitar, dengan diterapkkannya pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS.

Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe think pair share, Keterampilan Sosial, Pendidikan IPS, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 22 times
PDF downloaded = 0 times