PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF

Pendekatan Dinamis dalam Kegiatan di kelas

  • Nanan Abdul Manan

Abstract

Pembelajaran dan Pengajaran merupakan dua hal yang berada pada dua siswa yang berdampingan. Keberlangsungan proses belajar dan mengajar akan terjadi secara harmonis dan berkelanjutan bila para pemerannya, dalam hal ni guru dan siswa, dapat bekerjasama satu sama lain. Proses yang dilalui oleh para pemeran tersebut akan dipengaruh oleh sejauhmana pola komunikasi antara guru dan siswa dapat dibangun. Pola komunikasi bukanlah fenomena berbicara pada pemahaman umum, akan tetapi komunikasi memiliki interpretasi lebih komprehensip dibandingkan dengan berbicara. Bila berbicara hanya menekankan pada satu pemeran utama sebagai penyampai pesan (speaker) yang tidak terbebani terhadap pendengar (hearer) dalam konteks pemahaman berkutnya, sementara komunikasi terjadi karena adanya sebuah ikatan antara pembicara (speaker) dan pendengar (hearer) yang akan dilanjutkan dengan pola hubungan berulang. Ketika pembicara menyampaikan pesan maka pendengar akan menanggapi, tanggapan akan ditanggapi oleh penyampai pesan dan begitu selanjutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini terbukti bahwa pembelajaran komunikatif dapat menjadi alternatif untuk dijadikan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam penciptaan suasana dinamik di kelas.

Keywords: komunIkasi, guru, siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 23 times
PDF downloaded = 0 times