PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 2 MOJOSONGO BOYOLALI

  • Agatha Kristi Pramudika Sari

Abstract

Hasil penelitian, problem posing model ini dapat meningkatkan keterampilan siswa operasi dalamangka lingkaran aritmatika di kelas IV SDN 2 Mojosongo Boyolali 2011/2012 Tahun Akademik.Hal ini terbukti pada kondisi sebelum dan sesudah tindakan. Dimana skor rata-rata kelas pra tindakan adalah 59,69, siklus I menunjukkan skor rata-rata kenaikan kelas adalah 68, dan siklus II menunjukkan skor rata-rata kenaikan kelas bacome 88,15. Sedangkan untuk kelengkapan prosentase klasik 70 menurut minimal kelulusan. Itu terbukti pada kondisi tindakan pra, di mana siswa lulus adalah 7. Dalam siklus I kelengkapan prosentase klasik menunjukkan kenaikan 33,33% itu didasarkan dari lulus siswa pada pra tindakan adalah 7 siswa dengan prosentase ketuntasan klasikal adalah 25 , 93% menjadi 59,26% dengan 16 siswa dari total mahasiswa 27 siswa dari kelas. Dan siklus berikutnya, yang disebut siklus 2, kelengkapan prosentase klasik yang menunjukkan peningkatan tinggi 29,63%, dari siswa lulus 16 dengan prosentase 59,26% dari siklus 1, meng-upgrade menjadi 24 siswa dengan prosentase 88,89 % pada siklus II berdasarkan jumlah siswa, yang 27 siswa. Oleh karena itu, rekomendasi dapat addresed bahwa belajar matematika dengan menggunakan problem posing Model dapat meningkatkan keterampilan siswa operasi di artithmathica lingkaran angka di tahun keempat SDN 2 Mojosongo Boyolali 2011/2012 Tahun Akademik.

Keywords: Model Pembelajaran Problem Posing, Keterampilan Operasi Hitung Bilangan Bulat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 0 times