PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEBERHASILAN TES BACA TULIS AL-QUR’AN

  • Asep Usamah STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi dan Implikasinya Terhadap Tes Baca Tulis Al-Quran. Dalam surat Yusuf ayat 2, Allah SWT berfirman:إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ قُرۡءَٰنًا عَرَبِيّٗا لَّعَلَّكُمۡ تَعۡقِلُونَ ٢. Artinya: ”Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.”. Pembelajaran bahasa Arab merupakan salah satu langkah awal dalam mengasah kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an. Dalam pembelajaran bahasa arab mahasiswa belajar melafalkan huruf sesuai makhroj, harokat dan tajwidnya. Selain itu, melalui bahasa Arab juga mahasiswa belajar memahami kata perkata ayat berbahasa arab, dengan menterjemahkan dan mentafsirkannya. Jadi, bahasa arab dapat diindikasikan sebagai salah satu faktor yang memiliki implikasi terhadap keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti Tes Baca Tulis Al-Qur’an.

 

Keywords: Bahasa Arab, Keberhasilan Baca Tulis Al-Quran (BTQ)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibnu Katsir. Kitab Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim. Jilid 2.
Izzan, Ahmad. (2007). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. II ; Bandung : Humaniora.
Rahardjo, Susilo & Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus : Nora Media Enterprise
Winkel, WS & Hastuti, Sri. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi.
Sukmadinata, Nana Saodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, hlm. 94-95.
McMillan,J.H.,& Schumacher, S.(2003). Research in Education : A Conceptual Introduction (5th ed.).New York : Longman.
Sanusi, M. Anwar. (2002). Dakwah Islam. Cet.I ; Bogor : Thariqul Izah)
Published
2022-04-22
Abstract viewed = 215 times
PDF downloaded = 189 times