Peran Bimbingan dan Konseling Islam dalam Pendidikan Anak Usia Dini

  • Eva Gustiana STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Ajeng Rahayu Tresna Dewi STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dodi Ahmad Haerudin STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran bimbingan dan konseling islam dalam pendidikan anak usia dini. Pendidikan pada hakekatnya merupakan usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian yang berlangsung seumur hidup baik disekolah maupun madrasah. Pendidikan juga bermakna proses membantu individu baik jasmani dan rohani kearah terbentuknya kepribadian utama pribadi yang berkualitas, dalam konteks Islam pendidikan bermakna bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan hikmah mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh dan mengawasi beralakunya semua ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam kaitan ini, Peran bimbingan dan konseling Islam dalam pendidikan merupakan usaha membantu individu untuk menjadi manusia yang berkembang dalam hal pendidikan dan membentuk kepribadian yang berguna dalam kehidupannya yang memiliki berbagai wawasan, pandangan, interpretasi, pilihan, penyesuaian dan keterampilan yang tepat berkenan dengan diri sendiri dan lingkungannya. Sehingga urgensi Bimbingan dan Konseling Islam sangat penting guna mencapai perekembangan dan keoptimalan dalam proses pendidikan AUD.

Keywords: Bimbingan Konseling, Islam, Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyati, N., & Kusuma, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 152–159.
Gustiana, E., & Islami, C. C. (2021). Metode Relaksasi untuk Mengurangi Tingkat Stress pada Ibu dalam Mendampingi Anak di Era Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).
Islami, C. C. (2015). Pengembangan Model Konseling Behavioral dengan Teknik Relaksasi untuk Meminimalisasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri Kabupaten Majalengka [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/26291/
Islami, C. C. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Moral dan Disiplin Anak dengan Metode Permainan. Jurnal Pelita Paud, 1(2).
Islami, C. C., & Gustiana, E. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling AUD Berbasis Tugas Perkembangan untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(2), 70–78. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jecej.v2i2.161
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Published
2022-04-30
Abstract viewed = 243 times
PDF downloaded = 110 times