KREATIVITAS GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA

  • Neng Lia Yulianengsih STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan suatu Negara dan Agama. tujuan pendidikan pada umumnya adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak didik mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal, lingkungan yang baik tidak akan sempurna tanpa bimbingan guru yang kreatif dalam menyampaikan pembelajaran. Penelitian ini berusaha menghubungkan antara kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Binaul Ummah Kuningan. Adapun tujuan dari penitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar siswa. (2) Untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa . (3) Untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara kreativitas guru pendidikan Agama Islam dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Binaul Ummah Kuningan Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Penyebaran Angket, Observasi dan Dokumentasi, kemudian setelah data diperoleh semua, dianalisis dengan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreatifitas Guru pendidikan Agama Islam dan kemampuan mengelola kelas berpengaruh sebesar 30,56% terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Binaul Ummah Kuningan, sedang 60,54% lainnya berdasarkan hasil observasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya faktor internal dan eksternal.

Keywords: Kreativitas Guru, Pengelolaan Belajar, Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamdi Asep Saepul. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hermawan, A. (2005). Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: PT Grasindo, Anggota Ikapi.
Ma’mur Asmani Jamal. (2009). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif (I–III). Yogyakarta: Diva Press Anggota IKAPI.
Nurdin Diding, & Sibaweh Imam. (2007). Pengelolaan Pendidikan dari Teori Menuju Implentasi (I). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nurdin Diding, & Sibaweh Imam. (2015). Pengelolaan Pendidikan dari Teori Menuju Implementasi (I). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (XVII). Bandung: Alfabeta.
Toelioe. (1992). Teori Praktek Pengelolaan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.
Published
2022-04-22
Abstract viewed = 15 times
PDF downloaded = 14 times